Jumat, 19 April 2013

Nilai sikap dan karakter apa yang harus ditumbuhkan pada siswa ketika belajar konsep-konsep dalam ekologi hewan? Berikan contoh riilnya!


Konsep-konsep dalam ekologi hewan itu sendiri adalah individu, populasi, komunitas, ekosistem. Pada titik ini pula, dunia pendidikan dituntut mampu mengembangkan perspektif yang relevan. Dimana  ketika mempelajari konsep-konsep dalam ekologi hewan diharuskan membangun pengertian bahwa dimana kerusakan ekologi dapat mempengaruhi pertumbuh kembangan hewan yang menyebabkan kelangkaan hingga kepunahan. Maka harus dimengerti bahwa dalam pembelajaran ekologi terdapat saling hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya. Dalam pendidikan ekologi dapat menerapkan pendekatan karakter ekologis dimana siswa harus mengerti bahwa dalam mempelajari konsep-konsep dalam ekologi hewan harus berusaha menekan jumlah kepunahan daari suatu populasi hewan tersebut.
Dalam peningkatan sikap, siswa dituntut untuk berwawasan ekologis, mengingat krisis ekologi hewan selama ini telah banyak terjadi kerena ulah beberapa manusia yang tidak bertanggung jawab. Perbuatan eksploitasi seperti pengeksploitasian gading gajah, kulit harimau maupun jenis-jenis pengeksploitasian hewan yang telah merajalela menunjukan bahwa kurang pekanya siswa terhadap krisis hewan yang telah terjadi. Dengan menumbuhkan kecintaan akan hewan dan kesejahteraan kehidupan hewan secara perlahan-lahan dapat meminimalisir tindak criminal dalam kasus eksploitasi.
Salah satu contoh dari pembelajaran ekologi hewan untuk meningkatkan nilai karakter dan sikap dalam memahami konsep-konsepnya adalah dengan cara ikut berperan serta dalam lambaga-lembaga maupun organisasi konservasi hewan sebagai upaya dalam meminimalisir kasus kelangkaan maupun kepunahan hewan tersebut. Lembaga maupun organisasi seperti WWF dapat secara tidak langsung meningkatkan kecintaan siswa terhadap hewan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar